The Contract (2006)

February 16, 2011
50 secs

sumber: wikipedia

Heros are out of fashion,” demikian ucap Frank Carden (Morgan Freeman), pembunuh bayaran kelas dunia yang ketiban sial. Baru saja sampai di kota tempatnya melaksanakan misi, ia mengalami kecelakaan mobil. Begitu pulih dari luka-luka, Frank diserahkan kepada US Marshall. Perlawanan di tengah jalan membuat Frank tercebur ke sungai dan bertemu Ray Keene (John Cusack) yang hendak berkemah bersama putranya, Chris.

Rencana berlibur berubah menjadi kejar-kejaran, sebab teman satu tim Frank berusaha menyelamatkan pria tangguh itu. Plot yang cepat dan laga yang seru menjadikan Contract obat kantuk nan ampuh. Seperti biasa, Morgan Freeman memancarkan watak kharismatik dengan dialog-dialog istimewa. Karena menyadari bahwa Chris masih remaja, ia tidak menerangkan selugas mungkin ketika ditanya mengenai pekerjaan. Hanya dengan istilah exterminator, kendati Chris bingung dan menghubungkannya dengan termites (rayap).

Walaupun tidak kelewat menegangkan, unsur cerita yang logis merupakan bahan belajar mengesankan. Tidak mungkin seorang ayah yang ‘biasa saja’ dapat menjaga anaknya dari pembunuh sekelas Frank, meski ia tidak bisa digolongkan berdarah dingin. Maka dikisahkan bahwa Ray adalah guru olahraga tangguh sekaligus mantan polisi. Sementara kala menyinggung pekerjaan, Frank berkata, “I’m too late to change. Hell, what will I do? Sell insurance?”

Saya suka endingnya, memperlihatkan bahwa hidup terkadang ‘tidak adil’. Contract adalah potret abu-abu, tak ada lagi karakter yang seratus persen mulia atau bengis.

Rating: 3/5

Editor

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.