(Word 2007) Ketika Ctrl Find Tak Berfungsi

August 24, 2018
36 secs

Fungsi Word satu ini sungguh membantu ketika menyunting. Ceritanya, mendadak di suatu naskah terjemahan, Ctrl+F-nya tidak menemukan koreksian yang perlu diperbaiki yaitu spasi berlebih. Saya pikir wildcard-nya yang “salah”, tapi diganti kode apa pun tidak ketemu juga. Sebalnya, spasi berlebih itu banyak sekali dan jelas-jelas saya lihat.
Setelah cek properties file-nya, ada peringatan berbunyi “This file came from another computer and might be blocked to help protect this computer.” Nah lho. Mau klik “unblock”, seram juga. Ini pengalaman perdana dan saya tidak mau ambil risiko.

Pikir-pikir, pindahkan saja deh ke file baru. Suami mengecek dan mengajarkan langkah khusus supaya format yang membahayakan itu tidak terbawa lagi. Caranya bukan Ctrl + A, melainkan Ctrl + Shift+End. Kursor diletakkan sebelum huruf pertama. Setelah terblok semua, satu-dua karakter terakhir di halaman paling akhir dibuang.
Begitu copas, eh di file baru betul-betul berfungsi lagi Find-nya. Juga wildcard. Tapi bagaimana dengan enam bab yang sudah telanjur saya edit berikut Track Changes-nya?

Suami turun tangan lagi. Dicobalah taruh kursor di halaman yang paling akhir dikoreksi, kemudian pencet Ctrl+Shift+Home. Ditimpa ke file baru, terbawalah semua hasil koreksi yang terlalu sayang jika harus diulangi dari awal lagi. Aman sudah:))

Editor

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.