The Lincoln Lawyer (2011)

June 30, 2011
2 mins

wikipedia.org

Ketakutan terbesar Mickey Haller (Matthew McConaughey) adalah kekeliruan mengenali orang yang bersalah. Pengacara kriminal ini kerap membela terdakwa tindak kejahatan, terutama pembunuhan, seperti mendiang ayahnya. Mickey menjalani hari-hari sibuk dengan bantuan staf kantor, juga dari mobil Lincoln yang dikemudikan Earl, lelaki yang lebih daripada sekadar sopir pribadinya.

Dunia hukum dari berbagai sudut adalah bidang yang cukup berbahaya. Dengan iming-iming pendapatan besar, Mickey menerima tawaran Val (John Leguizamo) untuk membela Louis Roulet (Ryan Philippe). Pria berkantung tebal ini dituduh memerkosa seorang wanita penghibur dan bersikeras bahwa dirinya tak bersalah. Mickey menyelidiki kebenaran perkataan Louis dan pihaknya bersama Frank Levin (William H. Macy), sahabatnya yang mantan polisi. Kasus yang tidak ringan karena jaksa penuntut Minton (Josh Lucas) mantap menyeret Louis agar dijatuhi hukuman semaksimal mungkin.

Saya selalu menyukai silat lidah dan siasat di persidangan. Maka kendati subtitle DVD ini tidak mulus dan sekali-sekali malah di-dub bahasa Spanyol, saya tetap bisa menikmati film yang diangkat dari novel berjudul serupa tersebut. Mickey terimpit antara kekhawatiran akan keselamatan Hayley, putrinya, dan guncangan kala Frank ditemukan tewas.

Kemenarikan cerita The Lincoln Lawyer adalah relasi dan jaringan yang wajib dimiliki seorang pengacara untuk menjalankan tugas, mulai dari mengorek keterangan sampai memperoleh saksi yang mendukung dan membantah saksi dari pihak penuntut. Kadang Mickey harus bermain ‘kotor’ dalam kerasnya bidang ini, semisal membayar reporter TV agar menyerahkan rekaman dan tidak membuntuti kliennya, yang berpotensi menaikkan rating sebuah tayangan. Saya juga baru mengetahui bahwa bayaran mahal seorang pengacara antara lain dikarenakan ia harus mengurus semua yang diminta saksi, termasuk ongkos pesawat dan akomodasinya. Mickey bisa saja mengulur persidangan dengan alasan kuat tanpa membocorkan rahasia klien apabila bayarannya macet di tengah jalan.

Keunikan lain ialah hubungan Mickey dengan mantan istrinya, sesama praktisi hukum Maggie McPherson (Marisa Tomei). Mereka tetap kompak, saling memperhatikan, jarang bertengkar, terutama menyangkut anak. Saat menonton film ini (dan membatalkan Beauty and Briefcase serta Love’s Kitchen), saya benar-benar ‘melek’ dan tidak mengantuk lagi. Agaknya thriller memang paling cocok untuk saya.

goodreads.com

Menilik novel The Lincoln Lawyer memperoleh  Macavity Award for Best Mystery Novel tahun 2006, saya sangat ingin membacanya.

Rating: 4/5

Editor

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.
PREVIOUS ARTICLE
You Again (2010)
NEXT ARTICLE
Identity (2003)

4 Responses for this article

  1. on
    July 23rd, 2011

    Film bagus, walau agak lambat. Soal pembunuh temennya itu, cukup kaget aku hehe

    • admin rinurbad.com
      on
      July 29th, 2011

      Buatku, bagian situ dan motifnya kurang memuaskan *bawel ya, hehehe*

  2. on
    August 1st, 2011

    Aku keteteran di bagian silat lidahnya. Untung nonton DVD, jadi bisa dimundurin gitu. Hihihi.
    Beauty and the Briefcase itu ala chicklit. Ringan. Menghibur.
    Love’s Kitchen itu film barat? Atau korea?

    • admin rinurbad.com
      on
      August 1st, 2011

      Iya, nanti mau ditonton kok BnB-nya. Tapi ada adegan yang merusak puasa nggak?:D
      Love’s Kitchen itu barat.