Don’t Look Back (2009)

April 17, 2011
46 secs

sumber: neteretournepas.com

Judul aslinya: Ne Te Retourne Pas.

Namanya Jeanne, seorang penulis. Semula ia berkutat di bidang biografi dan sejarah, namun tiba-tiba ingin menulis fiksi berbahan dasar otobiografi. Jeanne kehilangan ingatan masa kecil setelah mengalami kecelakaan di usia 8 tahun. Ia mendadak menyadari perubahan di sekitarnya, bahkan paras anak-anak dan suaminya pun terlihat asing.

Ini film thriller Prancis kedua yang saya tonton setelah L’Appartement, versi Prancis (apa ya nama industri film mereka?) Wicker Park dan sama-sama dibintangi Monica Belucci. Meskipun bergenre menegangkan, tempo film dari negeri parfum itu tetap lambat dibandingkan produksi negara lain. Bagian-bagian awal yang ‘sepi’ membuat Mas Agus berkomentar, “Wah, pasti kalau di sinetron sudah banyak monolog aneh.”

Permulaan cerita, khususnya menyangkut profesi Jeanne, mengingatkan saya pada Sindrom Anastasia-nya Mary Higgins Clark. Menurut kisah buku itu, menulis berbau sejarah rentan menggiring ingatan ke masa silam. Apakah itu yang dialami Jeanne?

Walaupun lumayan seram (ketika perubahan fisik anggota keluarga Jeanne dan dirinya sendiri semakin jelas), saya berhasil menuntaskan film ini karena ingin tahu apa yang terjadi. Sempat menebak bahwa ini film horor belaka, tetapi ternyata jawabannya terkuak perlahan-lahan.

Sophie Marceau et Monica Belluci sont merveilleuses!

Tidak bolehkah kita menengok ke belakang? Boleh, asal jangan sering-sering, nanti sakit leher atau menabrak yang di depan.

Editor

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.