Bukan Nama Diri, Tapi Nama Merk Komputer

March 20, 2011
2 mins

Para editor tentu sudah akrab dengan fitur Word bernama Track Changes. Mengaktifkan menu ini berguna untuk memeriksa siapa mengerjakan apa, utamanya jika ada dua penyunting ditambah proofreader yang mengecek hasil akhir. Kalau Anda bingung dengan maksud judul di atas, berikut lampiran Print Screen ketika saya menyunting.

Tentu saja ini mengecewakan. Walaupun pilihan warna sudah menunjukkan perbedaan antara penyunting 1 dan 2, saya berharap yang muncul ketika kursor didekatkan ke garis tersebut adalah ‘Rinurbad’. Bukan merk komputer yang saya gunakan untuk bekerja. Ini masalah sepele barangkali, tapi sanggup membuat saya penasaran dan otak-atik semalam. FYI, saya menggunakan Windows 7.

Yang pertama saya lakukan adalah memeriksa User Account di Control Panel, tetapi nama saya sudah tercantum di akun administrator. Kemudian saya googling dan memperoleh petunjuk untuk mengganti computer name yang akhirnya tertera seperti di bawah ini. Untuk itu, saya harus restart Cerah Duo.

Setelah restart, ternyata belum ada perubahan. Saya klik-klik lagi menu Track Changes dan masuk opsi Change User Name.

Hasilnya? Masih bukan ‘Rinurbad’ yang tampil. Saya mulai frustrasi, apalagi ketika membaca-baca aneka forum IT, dikatakan bahwa yang perlu diubah adalah username di root C, biasanya ada di C:Users. Mengganti ini berisiko karena C penuh registry file dan elemen penting lainnya. Sedangkan Ceri, notebook Mas Agus, bisa berubah nama karena sempat install ulang OS.

Sungguh langkah yang ribet. Akhirnya, saya memutuskan untuk mencoba ganti nama file di Properties saja. Klik kanan file tersebut di Explorer, mengganti Authors pada tab Details. Tentu saja, last saved by masih menampilkan merk.

Ajaibnya, pagi ini ketika membuka dokumen lain yang saya sunting, nama saya sudah muncul! Entah pengaruh langkah yang mana, namun yang jelas ini hanya berdampak pada file baru.

Semoga bermanfaat.

Editor

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.

2 Responses for this article

  1. nita
    on
    March 24th, 2011

    Kayaknya yang prosedur ganti nama lewat Track Changes-nya sendiri, Rin. Kemarin saya praktikkan spt saran Rini n voila…yang keluar bukan merk kompi lagi, hihi
    Makasih yaa :)))

    • Rini Nurul
      on
      March 24th, 2011

      Alhamdulillah. Terima kasih kembali, Mbak:)