33 Pesan Nabi: Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut

May 13, 2011
2 mins

haltebikumiku.com

Komikus: Vbi Djenggotten

Penerbit: Zaytuna (lini Ufuk Press)

Tebal: 128 halaman

Cetakan: I, Mei 2011

da beban moral tak tertulis bagi seorang pekarya yang berprestasi, terlepas dari tingkat pencapaiannya. Berhasil meraih penghargaan tertentu atau ‘sebatas’ nominasi pun, ia dituntut menghasilkan karya yang lebih baik di kemudian hari.

Vbi Djenggotten memperlihatkan kesadaran yang besar akan hal itu, di samping kehati-hatian, kecermatan, yang tentu saja memakan waktu. Saya termasuk yang sangat memercayai proses dan bisa menikmati karya Vbi terbaru ini. Ia menyodorkan kesegaran bukan hanya dalam tema, melainkan juga dalam penyampaian dan gaya tutur yang sebenarnya dapat ditarik benang merah dari komik-komik terdahulu. Masih ada ‘ikon’ berambut keriting dengan prinsip yang diutarakan secara guyon. Jelas, mengingat genre komik ini adalah islami, ia tidak ‘semena-mena’ melontarkan canda sehingga pesan yang dibingkis tetap tepat sasaran dan tidak samar.

Islam bukan semata ritual, melainkan mencakup banyak hal dalam keseharian. Vbi memberikan contoh-contoh ‘ringan’ yang mungkin terkesan sepele dalam arti luput dari perhatian kita atau dianggap tidak terlalu penting, padahal relevan dengan hadits Nabi Muhammad Saw (di sini yang dijadikan sumber adalah Bukhari Muslim). Hati saya sudah tergetar oleh cerita pujian. Tepatlah kiranya keyakinan bahwa memuji berlebihan bukan sekadar mengaburkan ketulusan (karena ketidaktahuan si pelontar), namun efeknya jauh lebih berbahaya.

“Dari Abu Musa r.a. Katanya: Nabi S.A.W. mendengar seorang laki-laki memuji laki-laki lain dan berlebihan dalam pujiannya. Beliau bersabda: “Kamu membinasakannya dan memotong punggung orang itu.” (H.R. Bukhari)
(hal. 6)
Favorit saya yang lain adalah ‘Sakit dan Dosa’. Saya tercolek karena seringnya menggerutu atau tidak sabar, bahkan kala sekadar tersandung atau kedinginan. Masih ada lagi, ‘Hantaran’ (hal. 48), yang memperlihatkan bahwa kebaikan sesederhana apa pun, walau si pelaku semula tidak meniatkannya, ternyata bermanfaat besar dan membuahkan ganjaran yang berlipat ganda.

Saya juga suka sekali perumpamaan ‘ekstrem’ Vbi dalam ‘Etika Menawar’ (hal. 79). Semoga saya bisa menerapkannya ketika sedang melakukan transaksi bisnis, meski ‘hanya’ menawar harga barang yang terkesan kecil.

Untuk kesekian kalinya, telah terbukti bahwa komik bukan media ‘hura-hura’ tetapi dapat dijadikan sarana penyaluran pelajaran, hikmah, dan hal-hal baik lain. Pendek kata, 33 Pesan Nabi adalah terobosan perkomikan yang memaksimalkan fungsi visual secara kreatif dan sangat layak baca.

Editor

Ngeblog bukan "guilty pleasure". Blog-lah rumah, sedangkan jejaring sosial hanya pos ronda.
PREVIOUS ARTICLE
Jejak Darah
NEXT ARTICLE
Sepatu

3 Responses for this article

  1. on
    May 13th, 2011

    Waaa, pengin beliii…. masuk wishlist ah, makasih ulasannya, Mbak :).

    • Rini Nurul
      on
      May 13th, 2011

      Sama-sama, Leila.

  2. Fahreza
    on
    February 16th, 2012

    saya sudah punya seri 1, sangat mendidik, ingin segera mendapatkan yg seri ke-2